Manfaat daun jambu untuk kesehatan

Manfaat daun jambu untuk kesehatan - Daun jambu biji mungkin yang paling terkenal di antara banyak tanaman herbal lainnya. Banyak produsen di bidang farmasi menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain manfaat jambu biji yang bisa kita ambil dari pohon, daun juga sangat bermanfaat berbagai masalah kesehatan, yang lebih dikenal sebagai obat untuk diare. Daun jambu biji mengandung beberapa jenis senyawa yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, bahkan bisa digunakan dalam perawatan kecantikan.

Manfaat daun jambu biji


Manfaat Daun Jambu Biji untuk Pengobatan
Daun muda tanaman jambu biji banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di negara tropis. Lembar ini mengandung sejumlah zat bermanfaat, termasuk antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid seperti quercetin. Minum teh rebusan jambu dengan air panas bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca juga : Dokter khitan pekanbaru

Berikut beberapa penelitian tentang manfaat jambu biji:

1. Mengatasi Diare
Teh daun jambu biji bisa membantu menghambat beberapa bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, minum teh ini mungkin akan mengalami lebih sedikit kotoran, kurang sakit perut, sedikit kejang dan pemulihan lebih cepat, menurut Drugs.com. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Institute of Tropical Medicine di Sao Paulo pada tahun 2008 menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan penyebab umum diare. Periset juga menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji secara efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi diare. Beberapa studi klinis kecil mendukung manfaat daun jambu ini, termasuk yang diterbitkan pada tahun 2000 di "Jurnal Internasional Pengobatan Tradisional dan Barat Terpadu" di mana subjek diberi ekstrak daun jambu biji untuk dipulihkan lebih cepat dari diare yang menular daripada mereka yang tidak diberi ekstrak, tapi percobaan yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

2. Kontrol Kolesterol
Minum teh daun mete bisa menyebabkan perubahan yang bermanfaat untuk kadar kolesterol dan trigliserida. Dalam sebuah penelitian, peserta yang minum teh daun jambu biji memiliki kadar kolesterol total setelah delapan tahun, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam "Nutrition and Metabolism" pada bulan Februari 2010. Eksperimen lain telah menunjukkan manfaat yang sama, dengan durasi yang panjang dari empat minggu studi sampai 12 minggu dan dosis berkisar antara 0,4 sampai 1 kilogram per hari, menurut Drugs.com.

3. Mengatasi Diabetes
Beberapa flavonoid dan senyawa lain dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah setelah mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Komentar tentang "Nutrisi dan Metabolisme" merangkum temuan laboratorium dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji menghambat beberapa enzim berbeda, dengan mengubah karbohidrat menjadi glukosa dalam saluran pencernaan, yang dapat menunda penyerapan ke dalam darah. Beberapa uji klinis dilakukan di Jepang yang mendukung kemungkinan kandungan antidiabetes jambu biji. Laporan tersebut menunjukkan bahwa konsumsi teh secara teratur membantu menurunkan glukosa darah pada subjek dengan diabetes tipe 2, dibandingkan dengan subjek yang sama, namun tidak mengkonsumsi teh.

4. Pengaruh sistem kardiovaskular
Teh daun jambu biji juga bisa efektif untuk kesehatan jantung dan sistem peredaran darah, menurut penelitian laboratorium dan beberapa penelitian klinis kecil. Senyawa daun daun jamnu dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, menurut sebuah penelitian tahun 2005 yang diterbitkan dalam "Metode dan Hasil dalam Farmakologi Eksperimental dan Klinis". Studi tersebut menemukan bahwa hewan yang telah makan ekstrak daun jambu biji, telah mengurangi tekanan darah dan detak jantung.Daun jambu biji bisa membantu meningkatkan kualitas kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat daun jambu untuk perawatan kecantikan sebagai berikut :

1. Pengobatan jerawat dan noda hitam
Daun jambu ini efektif dalam menghilangkan jerawat dan bercak hitam pada kulit. Ini karena daun jambu biji mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Pound beberapa daun jambu biji dan berlaku pada jerawat dan bintik hitam. Bilas dengan air setelah beberapa saat dan lakukan secara teratur.

2. Anti Aging
Daun jambu biji mengandung antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit, sehingga akan melindungi kulit dari penuaan, dan memperbaiki warna kulit dan tekstur. Rebusan daun jambu masak bisa jadi.

Itulah beberapa manfaat daunjambu, semoga berguna dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips cara menjaga kesehatan mata

3 Cara ampuh menghilagkkan jerawat

Resiko akibat makan salak terlalu banyak