6 Tips memeras jeruk agar banyak airnya

6 Tips memeras jeruk agar banyak airnya - Jeruk adalah buah yang banyak mengandung air dan vitamin. Rasanya yang segar membuat buah ini banyak diminati. Selain dimakan langsung, jeruk sering diambil airnya untuk menambah cita rasa makanan dan dijadikan minuman. Misalnya perasan jeruk nipis untuk pelengkap soto dan perasan jeruk manis untuk minuman jeruk atau masakan dengan saus jeruk. Saya termasuk orang yang rutin membuat jeruk peras untuk dijadikan stok minuman di kulkas. Selain lebih sehat karena dibuat tanpa pemanis buatan dan pengawet, jeruk peras ini juga lebih murah.
Manfaat jeruk nipis


Nah, untuk membuat minuman jeruk seperti itu dibutuhkan jeruk yang mengandung banyak air untuk membuatnya. Pemilihan jeruk yang baik memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan air perasan yang banyak. Meskipun jeruk yang anda pilih mengandung banyak air, tapi ternyata tidak semudah itu mendapatkan air perasan yang banyak, jika anda tak tahu cara yang tepat untuk memerasnya. Sayang, kan? Jadi, mari kita bahas tips memeras jeruk agar banyak airnya.

1. Pilih Jeruk Segar 
Pilihlah jeruk yang segar, berkulit halus, tipis, besar, terasa berat dan empuk. Untuk jeruk lemon, pilih yang warnanya kuning agak tua. Untuk jeruk nipis dan jeruk peras pilih yang warnanya hijau kekuningan. Jangan pilih jeruk yang memiliki kulit yang berkerut karena biasanya cenderung tua dan sedikit airnya.

2. Simpan jeruk di kulkas
Setelah jeruk di beli, cuci jeruk lalu keringkan. Masukkan jeruk ke dalam plastik lalu simpan jeruk di dalam freezer selama 1-2 jam.  Suhu dingin akan membekukan air jeruk sehingga nanti akan mudah diperas.

3. Hangatkan
Saat akan diperas, keluarkan jeruk dari freezer lalu rendam jeruk di dalam air hangat selama 30 menit atau masukkan ke dalam microwave selama 20-30 detik. Jangan terlalu lama jika memanaskan dengan microwave, ditandai dengan keluarnya uap air dari jeruk. Jika sudah begitu, segera matikan microwave. Dengan cara ini, air dalam buah jeruk akan mencair sehingga lebih mudah diperas.

4. Tekan di tempat yang rata
Selanjutnya, tekan sambil gulingkan jeruk di tempat yang rata seperti talenan agar airnya mudah diperas. Gulingkan buah jeruk dengan arah gerakan maju dan mundur sembari ditekan hingga jeruk terasa lebih empuk.

5. Potong
Untuk jeruk lemon, sunkist, dan jeruk nipis, potong dengan arah vertikal melawan serat di keempat sisi buah jeruk, hingga tersisa tengahnya saja. Untuk jeruk peras, cukup di potong dua jeruk seperti biasa.

6. Peras
Setelah dipotong, peras jeruk dengan tangan atau menggunakan saringan teh. Selain itu anda tentu bisa menggunakan alat perasan jeruk untuk memeras jeruk agar lebih mudah. Bisa juga dengan bantuan garpu dan sendok yang ditusukkan ke jeruk lalu diputar sambil ditekan agar air bisa keluar. Sebaiknya jangan gunakan juicer untuk memeras jeruk. Sebab saat menggunakan juicer, kulit ari jeruk akan ikut terperas sehingga jusnya akan terasa lebih pahit dan kurang segar.

Jika anda ingin segera memeras jeruk yang anda beli, cukup gulingkan sambil tekan jeruk hingga empuk, potong, lalu peras hingga airnya keluar. Langkah sederhana itu akan membuat anda lebih mudah memeras jeruk dan menghasilkan air yang banyak tanpa isimpan di kulkas dan dihangatkan lebih dulu. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis jeruk dengan kebutuhan atau jenis olahan jeruk yang akan anda buat. Misalnya jeruk limau untuk penyedap sambal dan siomay, serta jeruk lemon untuk membuat saus glazing kue cinnamon roll.

Itulah beberapa tips memeras jeruk nipis, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips cara menjaga kesehatan mata

3 Cara ampuh menghilagkkan jerawat

Resiko akibat makan salak terlalu banyak