Cara merawat telinga agar tetap

Cara merawat telinga agar tetap - Telinga terdiri dari beberapa pengaturan, mulai dari cuping telinga, lubang telinga, dan bagian dalam telinga. Adalah penting bahwa kita menjaga kesehatan pendengaran kita! Nah, tanpa disadari, kebiasaan kita sehari-hari bisa mengganggu kesehatan telinga kita. Jadi bagaimana cara merawat telinga yang baik dan benar? Lihat tip telinga CG! yuk.
Perawatan telinga


Berikut ini adalah cara merawat telinga dengan baik :

1. Jangan gunakan kapas 
Jika Anda telah membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud, Anda harus mengetahuinya. Kapas Kapas sebenarnya malah kotor telinga kita! Serat kapas tertinggal di telinga kita dan lilin telinga kita memperdalam di telinga. FYI, telinga kita memiliki mekanisme sendiri yang secara otomatis menghilangkan kotoran. Jadi jangan mengusapnya terlalu dalam, karena itu berbahaya. Temukan alasannya disini!

2. Ayo Chew

Nah, cara yang paling tepat untuk menghilangkan kotoran telinga adalah dengan mengunyah. Mengapa? Gerakan mengunyah akan menggerakkan otot di area telinga kita sehingga kotoran bergerak keluar. Jadi kunyah makanannya dengan benar ya! Dia mungkin juga lebih licik karena mengunyah permen karet.

3. Telinga lilin
Anda juga bisa mencoba lilin telinga dari waktu ke waktu. Melalui terapi lilin, kotoran di telinga Anda akan tersapu! Selain salon kecantikan, Anda juga bisa melakukannya sendiri. Ups, tapi pertama-tama belajar bagaimana melakukannya dengan benar!

4. Jangan menggaruk telingamu
Rasa gatal yang terjadi di telinga bisa disebabkan oleh eksim atau psoriasis! Jadi jika telinga Anda terasa sangat gatal dan tidak nyaman, CG! saran ke dokter segera

5. Kenali Jenis Infeksi Telinga
Infeksi telinga terdiri dari dua jenis, yaitu infeksi telinga bagian luar dan tengah. Kalau di luar, biasanya karena terpapar air kotor. Telinga akan terasa sakit dan bengkak. Perlakukan dengan tetes antibiotik. Untuk bagian tengah, infeksi terjadi di gendang telinga. Kasus terburuknya adalah gendang telinga Anda bisa pecah. Antibiotik dan tetes biasanya diresepkan.

6. Perhatikan rasa sakitnya
Gadis-gadis, jika telinga Anda menyakitkan, itu bukan hanya karena telinga Anda yang bermasalah! Bisa jadi karena Anda sakit tenggorokan atau leher. Tapi jika Anda tahan, hubungi dokter Anda segera, ya!

7. Menggunakan Eardrops
Biasakan memperhatikan bantal dan kasur sebelum tidur. Anda harus berhati-hati dengan adanya serangga yang bisa berada di tempat tidur Anda. Mereka bisa masuk ke telinga kita. Saat berenang, Anda juga bisa menggunakan tetes telinga. Air yang terkandung di kolam bisa masuk ke telinga dan membawa banyak kotoran. Oh tidak!

8. Bijak Menggunakan Headphone
Hayo, siapa yang tidak bisa hidup tanpa headphone? Mari kita mulai dengan bijak sekarang dalam penggunaan headphone! Terlalu banyak waktu menggunakan headphone membuat kita kurang peka terhadap suara di sekitar dan menghalangi lilin yang akan keluar. Tidakkah kamu menginginkan kotoran telingamu? Ew!

9. Jangan terlalu banyak membersihkan
Bagaimana itu artinya? Anda tidak perlu membersihkan telinga setiap hari. Telinga memiliki lapisan minyak yang berfungsi untuk mengikat kotoran atau debu di telinga kita. Serum kering inilah yang dikenal sebagai lilin telinga. Jika sudah dibersihkan terlalu sering, telinga kita akan mengering dan kotoran akan dilepaskan ke telinga kita. Oleh karena itu, cara teraman untuk membersihkan telinga Anda adalah dengan menggunakan air saat Anda mandi. Pssst, hati-hati agar air masuk ke telinga, iya!

Baca juga : Dokter sunat pekanbaru

Itulah beberapa cara merawat telinga, yuuk ikuti cara di atas, semoga berguna dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips cara menjaga kesehatan mata

3 Cara ampuh menghilagkkan jerawat

Resiko akibat makan salak terlalu banyak