Jenis - jenis mangga

Jenis - jenis  mangga - Buah mangga ternyata banyak, baik di dalam maupun luar negeri. Bentuk dan warnanya juga bermacam-macam, tapi rasanya sama bagusnya dengan Anda. Apa jenis pegangan yang Anda miliki? Mari kita lihat 10 jenis mangga di bawah ini:

Jenis mangga





Buah mangga memiliki banyak jenis, baik di dalam maupun luar negeri. Dari mangga indramayu ke yuwan mangga, karakteristik, bentuk dan warnanya berbeda, namun tetap bagus.

Disini kita bisa menemukan jenis buah mangga khas di Indonesia dan luar negeri:


Mangga Indramayu
Mangga indramayu termasuk mangga yang sangat terkenal di Indonesia, terutama di kawasan Indramayu sendiri. Mangga indramayu mekar cengkir indramayu, mangga ini memiliki ukuran besar dan daging tebal. Rasanya enak dan manis inilah yang membuat mangga indramayu lebih terkenal daripada mangga dari daerah lain.

Mangga chokanan 
Jenis mangga lainnya adalah mangga chokanan. Mango Chokanan atau Chauk Anan adalah buah mangga yang berasal dari Thailand. Buah tropis ini memiliki kualitas yang sama dengan jenis mangga lainnya. Ini memiliki warna kulit kuning, dan bentuknya besar dan panjang dan dagingnya manis, renyah dan tebal. Tak mengherankan jika buah mangkan chokanan ini sering ditemukan di negara lain.

Mangga Manalagi 
Mangga Manalagi memiliki rasa fusi antara mango golek dan mangga harumanis. Mangga ini memiliki ukuran lebih kecil dari mangga golek, warna kulit mangga muda manalagi hijau dan saat dimasak juga hijau, melainkan agak abu-abu. Kulit mangga ini juga penuh dengan bintik putih yang jauh lebih banyak dibanding jenis mangga lainnya. Mangga ini memiliki rasa manis dengan daging yang tebal, padat dan berserat.

Mangga harumanis 
Mangga harumanis adalah mangga asli Probolinggo Jawa Timur. Manis dan harum saat sudah matang itu menajdi aroma khas manis sesuai dengan nama harum dan manis. Buahnya berbentuk jorong, sedikit berleher, dan ujungnya berbentuk kerucut. Buah berkulit gelap tua ditutupi lapisan lilin sehingga warnanya abu-abu. Pada buah matang, dasarnya berwarna hijau kekuningan dengan ketebalan.



Mangga Golek India 
Mangga Golek India memiliki bentuk kerucut yang panjang tapi tidak ada parutan, rasanya manis dan saat matang kulit tetap hijau. Buah-buahan mangga Golek India memiliki rasa daging yang tebal manis dan harum tajam, kuning tua, lembut, tidak berserat, dan jika memotong sejumlah besar air. Mango golek India ini sudah terkenal di daerah Jawa Barat.

Mangga Gedong Gincu 
Gula mangga Gedong dari daerah Cirebon, namanya cukup unik, warna kulit dan daging didominasi oleh rosewood dan terlihat, agar terlihat cantik dan atraktif. Kulitnya berbentuk bulat tipis tanpa alur, daging tebal dan rasa berserabut halus dan harum. Buah lipstik gedong Mango juga cukup terkenal dan laku di pasaran luar negeri.

Mangga bicara 
Mangga berbicara juga merupakan mangga asli Thailand. Mangga ini memiliki rasa renyah dan renyah. Bentuknya panjang, sedikit runcing dan hijau. Nama lain mango fa lan adalah guntur mangga. Pohon mangga berbicara tumbuh dengan ketinggian yang relatif rendah, membentuk awning terbuka dan mulai berbuah 2 tahun bibit.

Mangga Madu Anggur 
Jenis buah mangga lainnya adalah madu mangga. Madu pohon mangga anggur tumbuh di dataran rendah dan mudah tumbuh, buah memiliki bentuk paruh panjang, paruh sedikit melengkung dan hijau tua, sedangkan warna kulitnya dengan kelopak mata putih kehijauan dan ditutup dengan lapisan lilin.

Mangga endog 
Jenis terakhir dari mangga adalah lengan endog. Mangga endog memiliki buah-buahan kecil seperti telur. Buah ini memiliki permukaan kulit halus dengan lapisan lilin. Kulitnya berwarna hijau dengan bintik-bintik putih. Sayangnya buah ini kurang memiliki aroma dan rasanya kurang manis. Jadi jenis buah ini biasa digunakan untuk manisan

Baca juga : Dokter sunat pekanbaru

Itulah beberapa jenis - jenis mangaa, semoga berguna dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips cara menjaga kesehatan mata

3 Cara ampuh menghilagkkan jerawat

Resiko akibat makan salak terlalu banyak