Manfaat teh campur jeruk

Manfaat teh campur jeruk - Manfaat lain dari jeruk nipis ternyata dapat menyembuhkan keputihan, serta menurunkan demam nifas dan malaria. Bahkan, air jeruk nipis bisa juga digunakan sebagai camouran jamu atau penghilang karat.Jangan lupa untuk selalu menydiakan jeruk nipis di rumah Anda, sebab jeruk nipis bisa dingunakan sebagai obat darurat untuk penyakit ringan. Jeruk nipis diketahui memiliki antivirus dan antiseptik.
Manfaat jeruk nipis


Kandungan Gizi jeruk Nipis

 Air                                   Kalsium
Energi                             Fosfor
Protein                            Besi
Lemak                             Karoten Total
Larbohidrat                    Tiamin
Serat                                Vitamin C
Masyarakat mesir kuno percaya bahwa jeruk nipis sangat penting untuk melindungi mereka dari berbagai racun.

MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK DIET MELANGSINGKAN TUBUH 
Jeruk nipis mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai contoh, limone, linanin asetat, felladren, serta sitral. Sementara asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis, misalnya, mampu mencegah kambuhnya pasien usai operasi batu ginjal. Saran kriswanti, salah seorang herbalis di Bandung dan Dr.setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia) dalam kompas.com. Mengemukakan bahwa jeruk nipis juga dapat menyembuhkan 26 penyakit. Antara lain:

Ambein, amandel, batuk, batuk disertai influenza, bau badan, difteri, flu, jerawat, rambut rontok, ketombe, melebatkan rambut, vertigo pegel linu, dan tekanan darah tinggi.Selain manfaat jeruk nipis mampu mengobati berbagai macam penyakit, jeruk nipis juga dapat menghilangkan bau keringat dan menjaga tubuh Anda tetap langsing. Caranya cukup mudah. Oleskan jeruk nipis dan kapur sirih di ketiak sesuai mandi dan minum air perasan jeruk nipis dengan teh hijau.

MANFAAT KULIT DAN AIR JERUK NIPIS

Berbeda dengan buah lainnya, jeruk nipis tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Jeruk nipis hanya bisa dimanfaatkan air perasannya. Sementara itu, daging buahnya kadang-kadang digunakan sebagai obat batuk. Caranya cukup mudah. Tinggal menyantapnya langsung atau bersama kecap untuk menyeimbangkan rasanya.Selain daging buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk nipis ternyata juga tidak kalam penting memberi manfaat. Kandungan minyak astiri dalam kulit jeruk nipis berkhasiat sebagai obat penenang, obat sakit gigi, gangguan pernafasan, pengusir nyamuk, bahkan sebagai masker lulur.

Masker dan lulur kulit jeruk nipis dipercaya bisa menghaluskan kulit, menghilangkan kapalan, serta mencegah tumit pecah-pecah. Dibalik khasiat dan manfaat kulit jeruk nipis, banyak orang berpendapt bahwa rasa asam manis jeruk nipis dapat meningkatkan asam lambung. Oleh sebab itu, penderita gangguan lambung tidak dianjurkan minum sari jeruk nipis.

Namun, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut Tjok. Gde Kertyasa, pakar homeopati asal Bali sebagaimana dilansir oleh Health detik.com, jeruk nipis justru berguna untuk menyeimbangkan asam lambung. Bahkan, jeruk nipis sudah direkomondasikan oleh para dokter di Amerikan sebagai obat maag. Selain aman bagi penderita gangguan lambung, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi jeruk nipis dengan air hangat tidak sarankan. Alih-alih membersihkan racun dalam tubuh, menurut Emilia Achmadi., health Coach/Nutitionist, sebagaimana dilansir dari Femina.co.id, air hangat justru mempercepat perusakan vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung dalam air jeruk.

Itulah manfaat dari teh campur jeruk nipis, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips cara menjaga kesehatan mata

3 Cara ampuh menghilagkkan jerawat

Resiko akibat makan salak terlalu banyak